Desain Rumah Minimalis Lebar 4 Meter

Keberadaan lahan yang semakin berkurang dan harga yang sangat membuat orang harus pandai memutar otak agar dapat memaksimalkan lahan yang tersedia supaya bisa dijadikan sebuah tempat tinggal yang nyaman. Saat ini banyak dijual kavling dengan ukuran yang sangat mungil yaitu dengan lebar hanya 4 meter saja. Meski demikian banyak peminat yang membeli karena harganya reelatif lebih murah, namun begitu tentu saja akan sangat sulit dalam merancang desain rumah mimimalis lebar 4 meter karena kebutuhah ruangan yang cukup banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir berikut ini adalah beberapa contoh desain rumah mungil dengan ukuran kurang lebih 4-5 meter.

rumah minimalis lebar 4 meter
denah rumah minimalis 4 meter

rumah minimalis 4 meter
Merancang rumah sederhana di laban lebar 4 m jelas tidak mudah, Diperlukan treatment khusus sebagai solusi masafahnya. Solusi desain kali ini memang tidak umum, tetapi dapat membuat hasil yang mengagumkan. Rumah didesain dengan dua kamar fidur, ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga dan ruang makan, KM/WC, serta dapur. Desain dibuat memanjang dengan koridor berukuran 1 m, Di atasnya ditempatkan skylight. Walaupun lahannya terbatas, adanya skylight ini membuat ruang di bawahnya memperoleh pencahayan alami.

Pada awal dan akhir koridor dibuatkan kisi-kisi terbuka dari material bambu agar pengudaraan alami dapat masuk ke dalam rumah. Selain itu, di lahan terbatas ini juga diberi tanaman rambat untuk menyaring debu dan kotoran. Dapur ditempatkan di bagian belakang dan terbuka ke arah taman di belakangnya. Hal menarik dan mengagumkan pada desain ini adalah penggunaan rangka atap dari rangka bambu. Rangka atap ini dibuat terbuka agar pencahayaan dan pengudaraan alami dapat masuk ke dalam ruangan, terutama pada ruang tamu atau ruang keluarga. Selain itu, dinding depan kamar tidur utama diotah dengan kayu berongga sebagai secondary skin facade yang memiliki jendela tersembunyi. Jendela ini dapat dibuka-tutup untuk memasukkan pencahayaan dan pengudaraan alami ke dalam ruangan.

0 komentar:

Posting Komentar